Inilah Rahasia Dibalik Buah Kurma

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
khasiat kurma

image source: rumahmadujogja.wordpress.com

Lebih Sehat Mana Antara Kurma Segar dan Kurma Kering ?

Kurma merupakan buah yang sangat terkenal dengan buah termanis di dunia dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Ketika bulan ramadan, aneka macam kurma pun mudah sekali untuk di jumpai. Kebanyakan adalah jenis kurma yang kering yang berasal dari Tunisia, Arab. Jenis kurma yang segar dan kering ternyata mempunyai kandungan gizi yang juga berbeda. Berikut perbedaan kurma kering dan segar.

  1. Kalori

Didalam kurma kering terkandung lebih banyak kalori dibanding dengan kurma segar. Setiap 100 gr kurma kering ini mengandung kira-kira 284 kalori, dan untuk kurma segar tiap 100 gr nya hanya mengandung setengahnya.

  1. Protein, karbohidrat dan lemak

Protein, karbohidrat dan lemak adalah zat gizi yang banyak diperlukan tubuh. Kandungan zat gizi antara kurma kering dan segar ini ternyata berbeda. Bedanya pada protein dan lemak yang tidak terlalu jauh, akan tetapi kurma kering mengandung 2 kali lipat karbohidrat ketimbang kurma segar. Kurma kering ini juga mengandung lebih banyak serat.

  1. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral merupakan zat gizi yang sangat diperlukan tubuh dalam jumlah yang kecil oleh tubuh maupun disebut zat gizi mikro. Kurma yang kering ini memiliki kandungan yang lebih banyak kalsium serta zat besi dibanding dengan kurma segar. Akan tetapi kurma yang segar ini lebih tinggi kandungan vitamin C-nya dibanding dengan kurma kering. Setiap 100 gr kurma segar ini terkandung 34 mg kalsium, 30 mg vitamin C dan 6 mg zat besi. Dan untuk 100 gr kurma kering terkandung 81 mg kalsium, 0 mg vitamin C dan 8 mg zat besi.

  1. Lama penyimpanan

Bila disimpan didalam wadah yang tertutup di dalam kulkas, kurma segar bisa bertahan sampai 8 bulan bahkan setahun bila disimpan dalam freezer. Akan tetapi jika kurma kering mempunyai masa penyimpanan yang lebih lama. Bila ditaruh didalam kulkas maupun wadah tertutup, kurma kering bisa bertahan sampai 1 tahun atau bahkan 5 tahun bila disimpan dalam freezer.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing