Rahasia Tetap Fit Selama Bulan Ramadhan

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
image source: viaberita.com

image source: viaberita.com

Ketika sedang berpuasa, tidak jarang kita merasa lemas sebab tidak mengkonsumsi makanan seperti pada bulan-bulan biasa. Pada waktu berbuka telah tiba, lapar mata mengakibatkan kita makan yang lebih banyak dari biasanya, menjadikan ngantuk ketika menjalankan Salat Tarawih. Tentu hal ini bukanlah esensi puasa yang sebenarnya, terlebih lagi puasa sangat baik untuk kesehatan sebab ini merupakan cara detoksifikasi tubuh dengan alami. Kemudian seperti apa caranya supaya tubuh tetap fit ketika menjalankan puasa?

Bulan Ramadhan Harus Difokuskan Ibadah

Tidak sedikit dari kita yang justru fokus pada menu berbuka dan sahur dibanding ibadah. Padahal bulan puasa ini seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beribadah yang lebih banyak dari bulan-bulan biasanya. Waktu sahur dan berbuka merupakan waktu yang hanya untuk memberi energi untuk tubuh supaya dapat melakukan aktivitas yang sifatnya positif.

Asupan Gizi Selama Puasa

Sebab terlalu fokus pada menu makanan buka dan sahur, biasanya makanan yang disajikan akan berlebihan. Hal ini mengakibatkan makanan banyak yang tersisa, membuat lebih cepat ngantuk, dan cepat lelah. Maka dari itu, asupan gizi yang seimbang juga harus diatur selama melakukan puasa. Makanan yang tepat untuk sahur ialah makanan yang banyak mengandung protein serta berserat, sebab hal ini bisa mengenyangkan perut dalam seharian. Dan untuk menu makanan berbuka, alangkah lebih baik bila berbuka dengan yang manis-manis serta bertekstur lembut. Karena setelah seharian berpuasa, tubuh lebih baik tidak dikagetkan dengan yang asin serta goreng-gorengan sebab dapat memicu kolesterol meningkat.

Olahraga

Anggapan bahwa olahraga dapat menyebabkan lapar dan haus maka banyak sekali orang yang cenderung menghindari aktivitas yang satu ini. Memang, apabila beraktivitas yang terlalu berat dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas. Namun, ada beberapa jenis olahraga yang tetap dapat dilakukan seperti senam, yoga, bersepeda, dan lainnya. Olahraga yang baik ialah pada saat sehabis sahur maupun setelah salat subuh. Dan untuk olahraga yang lebih berat, dapat dilakukan setelah Tarawih sebab tubuh sudah memperoleh asupan makanan.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing