Wanita Yang Tengah Haid Diperbolehkan Undang-Undang Untuk Tidak Masuk Kerja

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
image source: wishingbaby.com

image source: wishingbaby.com

Menstruasi atau haid adalah hal yang selalu datang bagi tiap wanita. Hal ini adalah hal yang wajar sebab ketika menstruasi diri kita melepaskan darah kotor yang tidak mengalami pembuahan. Akan tetapi, sering kali ketika datangnya menstruasi ini menjadi momok yang sangat menakutkan untuk sebagian wanita.

Sebab rasa sakit pada perut yang sangat menyakitkan, payudara membengkak, perubahan hormon yang tak menentu, emosi serta jerawat yang tumbuh. Hal itu  merupakan hal yang tentunya dialami wanita pada masa pra menstruasi syndrome atau PMS. Namun hal yang menyakitkan tersebut merupakan rasa sakit pada perut yang terkadang bisa mengakibatkan seorang wanita tidak bisa bangun dari tempat tidur maupun bergerak. Sehingga hal ini bisa mengahalangi karier wanita bila tengah mengalami PMS yang berlebihan. Sebab harus tetap bekerja walaupun dalam kondisi yang tidak fit.

Akan tetapi, tahukah anda jika sebetulnya kita ini mempunyai Undang-Undang yang belum diketahui bagi para pekerja wanita. Undang-undag ini mengatur tentang hak pekerja wanita yang mempunyai hak untuk cuti ketika sedang mengalami haid. Akan tetapi, banyak perusahaan yang tidak mengetahuinya.

Memang banyak yang tidak mengetahui mengenai undang-undang tersebut. Dan untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca penjabaran tentang Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Pasal 81 yang intinya sebagai berikut :

(1) Para buruh atau pekerja perempuan yang tengah haid dan merasakan sakit dan memberitahukan pada pengusaha, tidak wajib kerja pada hari pertama dan kedua pada.

(2) Ketentuan yang dimaksud pada ayat (1) tersebut diatur dalam peraturan perusahaan, perjanjian kerja atau perjanjian kerja bersama.

Yang artinya, bila anda adalah pekerja wanita yang mempunyai masalah dengan haid sebaiknya tunjukkanlah Undang-Undang  untuk meminta hak anda. Sebab masih banyak perusahaan yang juga tidak melampirkan Undang-Undang di dalam surat kerja. Untuk itu, janganlah takut lagi bila ingin cuti di hari dimana anda sedang haid sebab semuanya legal dan tercantum pada Undang-Undang.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing