Dampak Pola Asuh yang Terlalu Mengatur Terhadap Anak

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
image source: loviesfamily.com

image source: loviesfamily.com

Sebagian besar para orang tua menerapkan pola asuh yang terlalu mengatur terhadap para anak-anaknya. Tipe orang tua pengatur seperti itu meyakini bahwa pola asuh yang mereka terapkan ini adalah gaya pengasuhan yang paling tepat untuk membentuk anak menjadi baik dan penurut. Akan tetapi, pola pengasuhan yang serba mengatur ini ternyata dapat menimbulkan dampak yang berbahaya untuk mental si anak. Sikap orang tua yang terlalu mengatur ini mengakibatkan anak menjadi pribadi yang lebih mudah merasa bersalah, dan tidak dapat menerima dan menghadapi perbedaan pendapat.

Anak-anak yang dibesarkan dengan pola asuh yang semua serba diatur ini juga lebih beresiko untuk mengalami depresi dan kesepian ketika ia dewasa, walaupun ia tengah berada di dekat orang lain maupun dalam suatu lingkungan tertentu. Selain itu, anak-anak yang tumbuh dengan gaya pengasuhan yang semua diatur ini juga mempunyai rasa percaya diri yang amat rendah.

Anak-anak yang tumbuh dengan pengasuhan seperti ini mungkin akan menjadi anak yang penurut. Akan tetapi, sebetulnya mereka tidak menikmati apa yang mereka peroleh dari orang tuanya tersebut. Mereka ini tidak merasakan kehangatan dari interaksinya dengan orang tua. Hal inilah yang nantinya akan menjadikan anak untuk mengalami kesulitan dalam menunjukkan kehangatan dalam interaksinya pada orang lain. Selain itu anak ini juga akan sulit untuk memutuskan sesuatu sendiri sebab terlalu bergantung pada aturan dan juga  pendapat orang lain.

Melihat dampak yang yang ditimbulkan tersebut, pastinya sangat tidak dianjurkan bagi para orang tua untuk menerapkan pola pengasuhan yang seperti itu.

Alangkah lebih baiknya dan bijak jika para orang tua ini lebih bisa untuk bersikap yang lebih moderat dan menciptakan suasana yang demokratis dalam mendidik dan mengasuh anak-anak mereka. Anda bisa mengenalkan aturan dan juga batasan-batasan pada anak, akan tetapi tetap perlu untuk bersikap lembut serta penuh kasih sayang terhadap anak. Dan satu  hal yang harus disadari para orang tua bahwa anak-anak ini juga merupakan manusia yang juga berhak untuk didengar suara dan keinginannya.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing