Trik Mengolah Babat Dengan Baik Dan Benar

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
image source: detik.com

image source: detik.com

Pernahkah anda mencoba soto babat atau aneka hidangan dari babat? Babat alias lambung lambung sapi ini bentuknya hampir mirip seperti lembaran kain tebal ketika mentah dan bertekstur kenyal. Akan tetapi, ada beberapa kendala dalam pengolahan babat ini. Ketika mentah, babat tekstur berwarna hitam dan bau sehingga tampak menjijikkan. Apabila tidak tepat dalam pengolahannya, babat ini dapat menjadi alot. Untuk itu, kenalilah jenisnya dan juga cara membersihkan dan mengolah babat dengan benar:

  1. Jenis babat

Lambung sapi ini terbagi atas empat. Rumen merupakan bagian yang terbesar dan bentuknya seperti selimut, halus dan rata. Dan untuk babat yang bermotif seperti sarang lebah ini berasal dari bagian retikulum. Ada juga babat omasum yang berlapis-lapis seperti lembaran buku dan mempunyai permukaan yang mirip handuk. Babat jenis ini lebih cepat empuk jika dibanding dengan jenis babat lain.

  1. Kebersihan babat

Babat yang berwarna hijau kusam, hitam atau abu-abu ini merupakan babat yang belum dibersihkan. Anda pun harus mengosongkan isi perutnya kemudian membilasnya hingga bersih sebelum memasaknya. Ada juga jenis babat yang berwarna lebih cerah sebab sudah dibuang semua isi perutnya dan dibersihkan. Jadi, anda dapat menghemat waktu membersihkan dan juga membilas babat.

  1. Menghilangkan bau babat

Babat yang kehitaman dan bau ini dapat dibersihkan dengan merendamnya pada air kapur kurang lebih 30 menit. Lalu cucilah babt menggunakan tangan sambil kerok memakai  sendok. Setelah bersih, rendamlah pada air jeruk nipis hingga beberapa saat kemudian cuci.

  1. Supaya babat empuk

Supaya  babat tidak alot, masukkanlah babat ke air mendidih kemudian rebus dengan daun salam, serai, lengkuas, jahe serta daun jeruk hingga empuk. Dan untuk menyingkat waktu dalam memasak, anda dapat bisa memasaknya menggunakan panci yang bertekanan selama 30 menit. Setelah itu, buanglah air rebusannya, dan potong-potong dan masak babat sesuai selera anda. Jangan pakai air perebus babat untuk kaldu maupun kuah untuk memasak sebab aromanya sangat tajam.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing