Mitos Tentang Pembuatan Es Krim Yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
image source: cumadiindonesia.com

image source: cumadiindonesia.com

Es krim buatan sendiri memang sudah tentu yang paling enak. Sebetulnya Es krim ini bisa dengan mudah dibuat di rumah. Akan tetapi, banyak sekali mitos mengenai cara pembuatan es krim yang sampai saat ini masih dipercaya. Untuk itu, anda perlu memahami fakta maupun kebenaran mitos berikut ini.

  1. Memanaskan susu terlebih dulu

Hampir semua resep es krim diawali dengan memanaskan susu dan krim sampai mendidih sebelum member campuran kuning telur dan juga gula. Namun, tidak banyak yang tahu alasannya. Pemanasan ini nantinya akan berdampak pada perubahan protein serta gula dan susu.

  1. Mendiamkan es krim semalaman

Setelah adonan menjadi custard, dinginkanlah dalam lemari pendingin hingga semalaman kemudian  kocok adonan pada hari berikutnya. Padahal tidak ada gunanya jika mendinginkan es krim semalaman. Sebab tidak ada perbedaan rasa maupun tekstur yang signifikan bila adonan custard hanya didinginkan.

  1. Memerlukan telur dan susu yang mahal

Tidak ada bedanya rasa es krim dari susu premium maupun dari susu peternak biasa. Mungkin perbedaannya ada pada teksturnya namun ini disebabkan tingginya kandungan lemak susu yang lebih tinggi.

  1. Stabilizer menjadikan es krim atau tidak enak

Tambahan bahan penyeimbang atau stabilizer ini hanyalah untuk meningkatkan tekstur serta konsistensi dari es krim. Hal ini dapat mengemulsi lemak, air, gula  dan protein atau menjadikan es krim tidak cepat mencair. Biasanya produsen sering menambahkang guar gum, untuk membuat es krim supaya lebih baik dan stabil. Akan tetapi stabilisasi yang berlebihan ini justru malah akan menghasilkan es krim yang tidak enak. Namun membuat es krim tanpa stabilisator juga berisiko es krim akan mudah meleleh.

  1. Alkohol menjadikan es krim kurang dingin

Salah satu masalah yang sangat umum jika es krim ini membeku dengan keras. Terkadang sebab kebanyakan air maupun kurangnya gula, maupun udara pada saat proses pengadukan. Solusinya, menambahkan alkohol. Alkohol bisa menurunkan titik beku es, menjadikan lebih lembut serta bisa diambil dengan skop dengan lebih mudah.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing