Cara Tepat Atasi Diare Pada Wanita Hamil

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
image source: kabardunia.com

image source: kabardunia.com

Diare bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika tengah hamil. Diare yang terjadi pada masa kehamilan ini pastinya sangat mengganggu, bahkan dapat berbahaya untuk kehamilan jika tidak segera ditangani. Hal pertama yang harus dilakukan jika tengah mengalami diare ketika hamil ialah dengan tetap menjaga serta memperbanyak konsumsi air minum supaya tidak terjadi dehidrasi.

Penyebab Diare Ketika Hamil

Pada umumnya selama hamil, sebagian besar wanita akan mengalami susah buang air besar. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan juga bila wanita hamil ini mengalami diare. Perubahan hormon yang terjadi dapat memengaruhi pencernaan, yaitu melambatnya sistem pencernaan yang dapat mengakibatkan konstipasi maupun mempercepat sistem pencernaan sehingga bisa menyebabkan diare.

Selain itu, diare pada masa kehamilan ini bisa pula dikarenakan perubahan pola makan ketikaa hamil, sensitif terhadap pada jenis makanan tertentu, atau kurangnya menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Cara Mengatasi Diare Saat Hamil

Dari beberapa ibu hamil, diare ini sering juga menjadi tanda-tanda awal persalinan. Pada tahapan awal persalinan, tubuh ini akan mulai melepaskan prostaglandin, yakni zat yang menyerupai hormon yang mengakibatkan rahim berkontraksi. Pada sebagian besar kasus diare akan sembuh sendirinya dalam beberapa hari. Dan salah satu hal yang perlu diingat ketika tengah diare ialah memperbanyak konsumsi air supaya tidak terjadi dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi dengan cepat dan jika tidak segera ditangani, akan menimbulkan dampak yang sangat serius.

Bila lebih dari 2 hari diare tak kunjung sembuh, lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya bisa segera memperoleh penanganan yang tepat.

Penderita diare lebih baik untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memicu atau bahkan memperparah diare. Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu meringankan diare, seperti buah pisang, buah apel, nasi, kentang, dan lainnya. Ketika hamil juga tidak boleh sembarangan dalam konsumsi obat-obatan apapun, termasuk obat untuk mengatasi diare. Sebab beberapa obat ini justru malah akan berbahaya untuk kehamilan. Oleh sebab itu, selalu konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter sebelum konsumsi obat apapun selama hamil.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing