Inilah Dampak Buruk Yang Diakibatkan Stres Bagi Otak

“pemutih

obat jerawat ampuh klick di sini
Image source: wordpress.com

Image source: wordpress.com

Stres dapat menjadikan orang tertekan, bersikap tegang, bahkan hingga bersikap impulsif. Ketika sedang stres tubuh ini akan melepas hormon yang biasa disebut hormone kortisol. Yang dimana hormone ini dapat memberi pengaruh yang negatif pada otak. Stres ini juga mempunyai kemampuan untuk memengaruhi sel-sel induk serta menghambat akses menuju ke otak. Hal ini berakibatk kemampuan otak dalam mengingat serta memecahkan masalah juga akan menurun.

Selain itu dampak-dampak buruk stres yang terjadi pada otak pastinya juga akan memengaruhi kualitas kehidupan. Akibatnya pun juga sangatlah buruk dan sangat merugikan. Maka dari itu, kita juga perlu berupaya untuk menghindari stres. Jauhilah hal-hal yang dapat memicu timbulnya stres, dan lebih akrablah dengan hal-hal yang dapat membuat anda lebih bersemangat.

Akan tetapi, ada saatnya kita tetap mengalami stres walaupun sebelumnya kita sudah berusaha menjauhi stres tersebut. Apabila stres ini sudah terlanjur menghampiri, maka jangan dibiarkan selama berlarut-larut hingga kondisinya akan semakin parah. Sebenarnya ada cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak buruk stres untuk otak, salah satunya dengan berolahraga. Sebab olahraga ini sangat efektif melawan dampak negatif yang diakibatkan stres pada otak. Olahraga juga mampu menjadikan otak lebih tahan pada stres.

Bahkan, olahraga ini mampu melepaskan hormon pertumbuhan pada manusia atau human growth hormone yang sangat penting untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan seluruh sel yang berada didalam tubuh. Sebenarnya kita juga tidak perlu berolahraga berjam-jam untuk dapat melindungi otak dari dampak buruk stres ini. Sebab hanya dengan berolahraga selama 5 menit juga sudah mampu memperbaiki mood dan juga melawan stres. Dengan hanya melakukan lari sprint selama 30 detik juga mampu untuk menghasilkan HGH sebanyak 6 kali lipat yang dimana kadar HGH paling tinggi diperoleh setelah 2 jam berolahraga.

Olahraga lainnya selain lari yang juga bisa dengan mudah kita lakukan ialah jalan kaki. Jalan kaki ini dapat dilakukan kapan saja dan dimanapun pada saat stres menhampiri anda. Seperti ketika anda sedang stres di kantor, anda bisa keluar berjalan-jalan sejenak untuk sejenak mengusir penat dan melawan stres.

Jika Anda suka dengan artikel ini dan merasa bermanfaat, silahkan beritahu teman anda agar tahu serta menyebarkannya lewat media di bawah ini.

“pelangsing